Sabtu, April 13, 2024
BerandaKabar PemiluUntuk Efesiensi Waktu, MK Usulkan Gabung Sidang Besok Dengan Agenda Jawaban Dari...

Untuk Efesiensi Waktu, MK Usulkan Gabung Sidang Besok Dengan Agenda Jawaban Dari Pihak Terkait

- Advertisement -

 

Politikterkini.com| Sidang perdana dua gugatan hasil Pilpres 2024 yang dijukan oleh pasangan Capres Cawapres 01 Anies-Muhaimin dan pasangan Capres Cwapres 03, Ganjar-Mahfud digelar oleh Mahkamah Konstitusi (MK) hari ini. Rencananya, MK bakal menggabungkan sidang dua gugatan Pilpres 2024 itu untuk agenda jawaban dari termohon dan pihak terkait besok.

- Advertisement -

Untuk efesiensi waktu pada sidang esok, Ketua MK, Suhartoyo mengusulkan untuk menggabungkan persidangan yang diajukan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md dalam agenda jawaban dari pihak terkait, yakni dari kubu Prabowo-Gibran dan termohon, yakni KPU.

“Ini ada tawaran dari majelis, apakah kira-kira para pihak yang menyampaikan keterangan maupun jawaban tidak keberatan kalau persidangan besok itu digabung? Termasuk pemohon 02. Barang kali ada hal yang sebenarnya pada pokok-pokok pemohonan tertentu jawabannya sama,” kata Suhartoyo dalam sidang di gedung MK, hari ini, Rabu (27/03/24).

- Advertisement -

Baca Juga : Rosan Temui Pratikno Lapor Soal Undangan Peringatan 75 Tahun Hubungan Bilateral Indonesia-AS

Baca Juga : Terkait Penyusunan Kabinet Prabowo-Gibran, Istana Bantah Keterlibatan Jokowi

- Advertisement -

Menanggapi usulan Suhartoyo, pihak terkait yang diwakili oleh Yusril Ihza Mahendra mengaku keberatan jika sidang digabung dan digelar pagi hari. Namun, Yusril mengaku tak masalah jika sidang digelar siang hari karena mereka punya waktu menyiapkan jawaban atas permohonan Ganjar.

“Kami harus menghadapi dua pemohon sidang itu besok tapi dilakukan pada siang harinya, bukan di pagi harinya,” kata Yusril.

Akhirnya Suhartoyo menyebutkan bahwa  majelis hakim juga sepakat sidang jawaban termohon dan pihak terkait akan digabung. Sidang bakal digelar pada pukul 13.00 WIB, Kamis (28/03/24) besok.

Diketahui bahwa Mahkamah Konstitusi menggelar sidang perdana sengketa Pilpres 2024 yang diajukan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Ada delapan hakim MK yang mengadili perkara ini. Sidang digelar di ruang sidang MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat dan  dipimpin oleh Ketua MK Suhartoyo. (pt)

 

- Advertisement -
Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

- Advertisment -