Minggu, April 14, 2024
BerandaKabar PemiluTiba Digedung Mahkamah Konstitusi, Ganjar Tegaskan Tim Sangat Siap Hadapi Sidang Perdana...

Tiba Digedung Mahkamah Konstitusi, Ganjar Tegaskan Tim Sangat Siap Hadapi Sidang Perdana Sengketa Pilpres

- Advertisement -

 

Politikterkini.com| Pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD yakni  calon presiden dan wakil presiden (Capres-Cawapres) nomor urut 3 hadiri sidang perdana Perselisihan Hasil Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden 2024 (PHPU Presiden) di Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta, hari ini, Rabu (27/03/24).

- Advertisement -

Ganjar mengaku ikut memantau persidangan pertama yang dihadiri pasangan Capres-Cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. Ganjar menegaskan pihaknya sudah sangat siap menghadapi sidang perdana sengketa Pilpres 2024.

“Insyaallah sudah siap semuanya, tadi kita sudah melihat persidangan yang pertama dan saya kira kita tinggal mengikuti saja, Insyaallah semua berjalan dengan baik,” kata Ganjar.

- Advertisement -

Baca Juga : Ketua Umum Partai NasDem Nyatakan Terima Hasil Pemilu 2024 Dan Ucapkan Selamat Kepada Prabowo-Gibran

Saat ditanya soal  pihak Prabowo-Gibran yang sudah menanggapi permintaan kubu 03 agar perolehan suara 02 menjadi 0, Ganjar menegaskan hanya akan memberikan tanggapan di dalam sidang, bukan di luar persidangan.

- Advertisement -

“Kita sedang tidak menanggapi di luar, kalau mereka akan menanggapi di luar persidangan maka sudah membangun opini masing-masing. Nanti kita masuk proses persidangan dan pembuktian, istilahnya kan ketahuan apa dasarnya dan bagaimana, kalau komentar di luar persidangan ya sah-sah saja yang penting kita tidak mengomentari materinya,” papar Ganjar.

Lebih lanjut mantan Gubenur Jawa Tengah (Jateng) itu  memastikan pihaknya akan membeberkan secara lebih sistematis terkait kecurangan paslon 02 pada Pilpres 2024 yang dinilai terstruktur, sistematis dan masif.

“Kami akan menyampaikan lebih sistematis, sehingga kalau kita bicara makna yang TSM, yang mempengaruhi juga berdasarkan data fakta nanti akan ada saksi saksi, saksi fakta saksi ahli, biar itu jadi suatu materi yang akan dibuktikan,” beber Ganjar.

Baca Juga : Partai Golkar Nilai Ada Semangat Kebersamaan Dalam Pertemuan Prabowo Dan Surya Paloh

Diketahui bahwa MK berencana menggabungkan para pemohon Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) dalam sidang lanjutan sengketa Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Hal ini dilakukan demi mengefisiensi waktu.

Dari penjelasan Suhartoyo, Ketua Hakim Konstitusi mengatakan, usai mendengar permohonan para pihak pemohon dalam sengketa Pilpres 2024, maka majelis hakim bakal memberikan kesempatan kepada pihak termohon dan terkait untuk memberikan jawabannya pada besok Kamis, 28 Maret 2024.

Akan tetapi untuk efesiensi waktu persidangan, Suhartoyo menawarkan opsi apakah bisa menggabungkan para pemohon dalam satu waktu persidangan di tempat yang sama. Mendengar hal itu, pihak temohon dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI), pihak terkait yaitu Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan Tim Hukum Pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mengaku tidak keberatan. (yml/it)

 

- Advertisement -
Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

- Advertisment -