Selasa, Oktober 22, 2024
BerandaBerita TerbaruDPR Rencanakan Pengesahan Struktur AKD Pada Selasa

DPR Rencanakan Pengesahan Struktur AKD Pada Selasa

- Advertisement -

 

Politikterkini.com |  Rapat Paripurna akan digelar Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pada hari Selasa, tanggal (15/10/24), dengan agenda utama mengesahkan jumlah alat kelengkapan dewan (AKD) serta komisi yang akan bertindak sebagai mitra pemerintah.

- Advertisement -

Sufmi Dasco Ahmad, Sebagai Wakil Ketua DPR, mengungkapkan bahwa DPR akan memfinalisasi jumlah AKD tersebut pada hari Jumat, (11/10/24), sebelum membawa hasilnya ke rapat Badan Musyawarah (Bamus) pada hari Senin, (14/10/24), dan kemudian dilanjutkan ke rapat paripurna pada hari Selasa.

“Jadi jam 14.00 kita akan finalisasi di DPR untuk kemudian dibawa ke rapim (rapat pimpinan) dan Bamus pada hari Senin dan insya Allah hari Selasa kita akan (rapat) paripurna,” kata Dasco dalam keterangannya di Kompleks Parlemen, Jakarta, pada Jumat.

- Advertisement -

Setelah pengesahan, pada Rabu, (16/10/24), DPR juga akan melantik para pimpinan AKD yang terpilih agar mereka dapat segera menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.

“Kalau pimpinan komisi itu kan finalisasi di rapim dan Bamus karena pimpinan komisi itu diusulkan oleh fraksi masing-masing,” ucap Dasco, menjelaskan mekanisme pemilihan pimpinan. Politikus dari Partai Gerindra ini menambahkan bahwa susunan komisi di DPR akan disesuaikan dengan jumlah kementerian yang ada di pemerintahan baru.

- Advertisement -

Koordinasi yang baik dilakukan untuk memastikan bahwa fungsi DPR bisa langsung berjalan begitu pemerintahan baru terbentuk. Sebelumnya, beredar informasi melalui sebuah surat yang menyebutkan bahwa jumlah komisi di DPR RI akan berjumlah 13. Namun, hingga saat ini, belum ada pimpinan DPR RI yang mengkonfirmasi informasi tersebut.

Ketika dikonfirmasi, Wakil Ketua DPR, Adies Kadir, menyatakan bahwa pihaknya masih dalam proses membahas komposisi komisi di DPR RI.

“Insya Allah di umumkan Senin. Komposisi masih digodok. Sebelum diumumkan saya belum berani berandai-andai, kita tunggu saja,” ucap Adies saat memberikan keterangan. (pt)

 

- Advertisement -
Artikel Terkait

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

- Advertisment -

Recent Comments