Minggu, April 14, 2024
BerandaKata PolitikUntuk Pertama Kalinya Masyarakat Sumatera Barat Puas Terhadap Kinerja Jokowi Sebesar...

Untuk Pertama Kalinya Masyarakat Sumatera Barat Puas Terhadap Kinerja Jokowi Sebesar 55,4%

- Advertisement -

 

Politikterkini.com | Untuk pertama kalinya masyarakat Sumatera Barat puas terhadap kinerja  Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencapai angka 55,4%. Hal itu disampaikan Peniliti Utama Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi ketika memaparkan surveinya pada, Kamis (03/08/23)  kemarin.

- Advertisement -

Menurut pendapat Burhanuddin Muhtadi, hal ini diduga ini ada kaitannya dengan bergabungnya Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto ke kabinet Jokowi. Burhanuddin bukan tanpa alasan menyampaikan hal itu karena basis Gerindra sangat besar di Sumbar.

“Nanti bisa dianalisis apa penyebabnya, apakah masuknya Gerindra ke dalam Pemerintahan Jokowi turut beri sentimen positif terhadap warga Sumbar,” kata Burhanuddin.

- Advertisement -

Masih menurutnya, temuan periode Juli 2023 ini menarik lantaran baru pertama kalinya, kepuasan masyarakat Sumbar terhadap kinerja Jokowi melebihi 50%. Dia menyebut angka itu termasuk tinggi meski tidak lebih tinggi dari kepuasan tingkat nasional

“Saya kira baru belakangan approval rating Pak Jokowi di Sumbar di atas 50%, biasanya di bawah 50%, ini kali pertama nih, mungkin beberapa survei terakhir kita di Sumbar approval rating Pak Jokowi melampaui 50% meski tidak setinggi di tingkat nasional,” tutur Burhanuddin.

- Advertisement -

Diketahui bahwa  lembaga survei Indikator Politik Indonesia juga melakukan survei terkait kepuasan kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) di mata masyarakat Sumatera Barat. Hasilnya, kepuasan kinerja Jokowi meningkat jadi 55%.

Waktu palaksanaan survei digelar pada 26 Juni-10 Juli 2023 dengan melibatkan 810 responden di tiap dapil. Adapun Sumatera Barat terdiri dari 2 dapil, dengan demikian responden total di 2 dapil yakni 1.620. Metode survei dilakukan dengan wawancara secara tatap muka. Adapun margin of error survei yakni +/- 2,7% dengan tingkat kepercayaan 95%. (pt)

 

- Advertisement -
Artikel Terkait

3 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

- Advertisment -