Rabu, April 17, 2024
BerandaKabar PemiluSerikat Pekerja Nasional Cabut Dukungan Dari Ganjar Pranowo Dan Berpindah Ke Anies...

Serikat Pekerja Nasional Cabut Dukungan Dari Ganjar Pranowo Dan Berpindah Ke Anies Baswedan

- Advertisement -

 

Politikterkini.com | Serikat Pekerja Nasional (SPN) batal mendukung calon Presiden (capres) besutan  PDI Perjuangan yakni  Ganjar Pranowo dan memberikan dukungan kepada capres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan.

- Advertisement -

Pengalihan dukungan tersebut disampaikan dalam Rapat Koordinasi Nasional Khusus (Rakornassus) SPN yang diselenggarakan di Kota Tegal, Kamis (03/08/23) kemarin. Dewan Pimpinan Pusat Serikat Pekerja Nasional (DPP SPN) mendeklarasikan dukungan untuk calon presiden Anies Baswedan.

Dalam penjelasan yang disampaikan oleh Ketua Umum SPN, Djoko Heriyono, menegaskan dukungan diberikan karena para pengurus SPN merasakan keberpihakan Anies kepada para pekerja selama menjadi Gubernur DKI Jakarta.

- Advertisement -

“Ya otomatis (beralih dukung Anies) dong. Ini kan resmi melalui rapat rakornas khusus, kalau kemarin kan deklarasi (dukung Ganjar) dilakukan di Lombok,” kata Djoko, pada Kamis (03/08/23) kemarin.

Diketahui bahwa pada  Sidang Majelis Nasional (Majenas) SPN IV di Lombok Garden Hotel, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Maret 2023 silam, SPN seluruh Indonesia telah menyatakan dukungannya terhadap Ganjar Pranowo sebagai Presiden 2024.

- Advertisement -

Terkait kerja samanya dengan Ganjaran Buruh Berjuang (GBB), Djoko menegaskan kerjasama penelitian masih terus berlanjut. Akan tetapi, kata dia, aspirasi terkait capres mengikuti hasil Rakornassus hari ini oleh  forum tertinggi sementara kerja sama dengan GBB hanya diputuskan oleh DPP.

Sementara itu, Juru Bicara capres Anies Baswedan, Sudirman Said, berterima kasih kepada SPN. Beralihnya dukungan SPN dari Ganjar ke Anies merupakan tambahan energi. SPN merupakan organisasi yang kuat karena sebarannya luas. Yang penting, ini berarti elemen buruh satu per satu mendukung Anies.

“Ini bukan yang pertama, sebelumnya di Batam, Purwakarta, Bandung, Sumedang, beberapa kali di Jakarta, Yogyakarta, dan nanti di Jawa Timur,” ujar  Sudirman.

Sudirman menegaskan, beralihnya dukungan dari Ganjar ke Anies merupakan gelombang dukungan dari para pekerja yang merasakan kebijakan-kebijakan Anies saat menjadi Gubernur DKI dulu terbukti berpihak kepada pekerja. Ini sekaligus menjadi harapan jika Anies menjadi Presiden kelak hal itu bisa direalisasikan. (pt)

 

- Advertisement -
Artikel Terkait

3 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

- Advertisment -