Selasa, April 23, 2024
BerandaKata PolitikSampaikan Pemaparan Pada Rakernas XVI Apeksi, Anies Baswedan Bicara Soal Ketimpangan

Sampaikan Pemaparan Pada Rakernas XVI Apeksi, Anies Baswedan Bicara Soal Ketimpangan

- Advertisement -

 

Politikterkini.com | Bakal calon presiden (Bacapres) Kolalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) bicara ketimpangan kota-kota di wilayah Indonesia saat menyampaikan pemaparan pada acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) di Makassar hari ini, Kamis (13/07/23).

- Advertisement -

Pada kesempatan itu, Anies menampilkan potret kondisi Indonesia di malam hari dalam presentasinya. Anies mengatakan penampakan Indonesia dari udara di malam hari adalah gagasan awalnya dalam perencanaan Indonesia ke depannya.

“Ini peta Indonesia, potret Indonesia di malam hari. Tapi sebenarnya yang lebih menarik di potret ini, ini adalah potret kota-kota di Indonesia. Nah, ketika lihat kota-kota di Indonesia, inilah wajah ketimpangan yang ada,” kata Anies dalam acara Rakernas Apeksi di Makasar, hari ini, Kamis (13/07/23)

- Advertisement -

Lebih lanjut Anies Menegaskan kondisi ini tidak perlu dianalisis menggunakan statistik. Menurutnya, ilustrasi yang terjadi di Indonesia pada malam hari ini sudah bisa menunjukkan ketimpangan yang terjadi.

Berbicara tentang ketimpangan di Indonesia, Anies mulanya berbicara soal manajemen pengelolaan kebijakan publik saat dirinya menjabat Gubernur DKI jakarta. Dia berbicara pentingnya gagasan, narasi, dan karya.

- Advertisement -

“Pada waktu itu kami selalu sampaikan ada 3 level di dalam manajemen pengelolaan kebijakan publik. Satu gagasan, diturunkan dalam bentuk narasi supaya bisa dipahami oleh semua, sehingga visi itu diketahui secara sama, simetris, oleh semua. Lalu ketiga adalah eksekusi, karya,” tutur Anies.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu  menyebut kota-kota di Jawa terlihat terang dibanding kota lain di luar pulau Jawa. Anies menyebut hal ini sebagai ketimpangan. Kota-kota  Jawa paling terangnya itu Jakarta, Surabaya, begitu masuk Sumatera titik-titik kecil, Kalimantan titik-titik kecil. Ini membuktikan bahwa ketimpangan terjadi di Indonesia saat ini. (nt/pt)

 

- Advertisement -
Artikel Terkait

8 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

- Advertisment -