Rabu, Juni 26, 2024
BerandaIsu TerkiniPSI Tidak Gugat Hasil Pemilu Ke MK, Legowo Gagal Masuk Parlemen

PSI Tidak Gugat Hasil Pemilu Ke MK, Legowo Gagal Masuk Parlemen

- Advertisement -

 

Politikterkini.com | Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menyatakan tidak berniat mengajukan gugatan sengketa pemilu ke Mahkama Konstitusi (MK). Setelah hanya memperoleh 2,81 persen suara nasional pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dan menyatakan legowo meskipun  tidak lolos parlemen.

- Advertisement -

“Tapi kalau mau menggugat kan, kalau saya pikir kalau selisihnya sedikit mungkin masih bisa ada, tapi ini cukup jauh ya. Jadi sih rasanya arahnya enggak. Tapi tidak menutup kemungkinan kita lihat perkembangannya tiga hari ini,” ungpak Grace Natalie di Kantor DPP PSI, Jakarta, Kamis (21/03/24).

Lebih lanjut saat  ditanyakan soal data internal PSI yang pernah memperoleh suara menyentuh angka 4 persen, Grace mengatakan, tidak semua data sesuai dengan hasil di lapangan.

- Advertisement -

“Ya berarti dalam perkembangannya kita tahu ya, enggak semuanya kan data seperti di lapangan. Artinya gini, ada juga di mana kita punya suara tapi tidak tercatat. Kita kan tidak bisa membiayai semua saksi, maksudnya di semua TPS itu ada saksi gitu kan. Ya intinya kita legowo gitu aja lah, dan akan ada evaluasi, berusaha lebih baik lagi,” ungkap Grace

Baja Juga : PPP Tolak Tandatangani Hasil Pleno Nasional KPU Usai Dinyatakan Gagal Melaju Ke Senayan

- Advertisement -

Kaesang Pangarep Ketua Umum Partai Solidaritas  Indonesia (PSI) mengatakan bahwa untuk kedepanya PSI  akan melakukan evaluasi, agar bisa lolos pada Pemilu 2029 mendatang.

“Kami juga akan mengevaluasi diri ke depannya, supaya kami bisa menjadi partai yang jago, lebih baik, supaya nanti di 2029 kita juga bisa, bisa lebih baik dari hari ini,” kata Kaesang kepada wartawan di DPP PSI, Jakarta, Kamis (21/03/24).

Meskipun tidak lolos pada Pemilu 2024, Kaesang  mengaku, PSI akan fokus pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan digelar secara serentak pada November 2024 mendatang.

“Setelah ini kami akan fokus untuk memenangkan Pilkada yang mungkin kalau kita bisa lihat, kalau kursinya banyak itu ada di NTT kita ada 6 kursi di provinsi. Jakarta tentunya kita ada 8, di Solo, Semarang kita punya 5 kursi kalau enggak salah, terus mana tadi, Surabaya kita juga ada 5,” ujarnya

Baja Juga : Prabowo Ucapkan Terimakasih kepada Rakyat Indonesia Usai KPU Tetapkan Sebagai Pemenang Pilpres 2024

Sementara itu, Sekjen Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Raja Juli Antoni mengatakan, meski tidak lolos ke Parlemen, dia mengklaim suara PSI meningkat setelah Partai ini berada di bawah kepemimpinan Kaesang Pangarep.

“Betul PSI tidak lolos Parlemen, tapi ada kenaikan suara yang signifikan. Dalam waktu 120 hari, PSI sudah menjadi 4.260.169 pemilih. Dari awal 1,8 persen jadi 2,8 persen,” ujar Raja Juli.

“Jadi sama sekali bagi kami ini modal baik. Tadi boleh dikatakan DPRD mengalami lonjakan luar biasa. Sekarang ada 16 Kabupaten/Kota yang kami punya fraksi sendiri,” sambungnya.(pt)

- Advertisement -
Artikel Terkait

6 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

- Advertisment -