Bagikan:

Jakarta – Plt Ketua Umum DPP PSI, Giring Ganesha menjelaskan, Gubernur DKI Anies Baswedan tak serius mengatasi banjir Jakarta. Ia mengatakan, Anies lebih memilih menyalahkan faktor lain daripada mengevaluasi kinerjanya.

“Pak Anies, jangan hanya melempar kesalahan pada curah hujan dan banjir kiriman. Nyatanya, status pintu air di Bogor dan Depok normal saat banjir di Jakarta kemarin. Ini artinya, banjir Jakarta terus terjadi lantaran Anies tidak memiliki rencana dan cara untuk mengatasinya,” ujarnya saat berkunjung di Bojonegoro, Jawa Timur, Minggu (21/2/2021).

Berdasarkan data BMKG, kata Giring, status pintu air Katulampa, Depok dan Krukut Hulu adalah siaga 4 alias masih normal. Ia menambahkan, Anies tidak pernah serius mengatasi banjir selama tiga tahun terakhir.

“Pak Anies memang tak memiliki kapabilitas mengelola DKI Jakarta,” katanya

Padahal, kata Giring, naturalisasi sungai selalu digembar-gemborkan Anies. Namun hal tersebut, imbuh Giring, terbukti hanya konsep semata dan tidak dikerjakan di lapangan.

“Apalagi saat ini, normalisasi sungai dihapuskan. Akibatnya, banjir DKI Jakarta semakin memburuk,” ujarnya.

Ia menilai,  Anies tidak terlihat mengupayakan untuk mengeruk sungai, membersihkan saluran air dan mengecek pompa sebelum banjir menerjang DKI Jakarta.

“Saat tindakan-tindakan itu tak dilakukan secara rutin, mustahil DKI Jakarta bebas dari banjir. Padahal yang saya tahu anggaran DKI Jakarta lebih dari cukup untuk penanganan banjir sejak dini,” tandasnya.

(FWI/IJS)

BACA JUGA :  Pengamat Politik Sebut Sandiaga Uno Offside, Putra Nababan Baper

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *