Kamis, Juni 20, 2024
BerandaKabar PemiluMayoritas Masyarakat Yakin Jokowi Bakal Kasih Dukungannya Ke Ganjar Pranowo Pada Pilpres...

Mayoritas Masyarakat Yakin Jokowi Bakal Kasih Dukungannya Ke Ganjar Pranowo Pada Pilpres 2024

- Advertisement -

 

Politikterkini.com | Presiden Joko Widodo (Jokowi)  diyakini akan memberikan  dukungannya kepada Ganjar Pranowo sebagai capres di Pilpres 2024. Hal ini tergambar dalam data survei Indostrategic pada Juni 2023 dimana mayoritas 74 persen masyarakat  percaya Jokowi  dukung Ganjar.

- Advertisement -

Direktur Eksekutif Institute for Democracy and Strategic Affairs (Indostrategic) Khoirul Umam menyampaikan bahwa dalam surveinya, Indostrategic menanyakan kepada responden terkait persepsinya tentang siapa sosok Capres yang akan didukung Presiden Jokowi pada Pilpres 2024 mendatang .

Jawaban dalam pertanyaan survei itu, sebanyak 74 persen masyarakat yakin Presiden Jokowi akan mendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada pemilihan presiden (pilpres) 2024. Sebab Jokowi merupakan salah satu petugas partai dari PDI Perjuangan.

- Advertisement -

Hasil berbeda diperoleh mengenai pandangan elite politik terkait dukungan Jokowi pada kandidat capres lain. Dia menyatakan, mayoritas para elite meyakini dukungan Jokowi perlahan bergeser ke Prabowo Subianto.

“Dilevel elite, cukup kuat bahwa dukungan Pak Jokowi mulai bergeser kepada Pak Prabowo Subianto. Itu dalam konteks intelektual. Berimplikasi positif pada elektabilitas Prabowo Subianto sendiri,” kata Khoirul Umam, Rabu (14/07/23) kemarin.

- Advertisement -

Sementara dari sisi elektoral hanya 19,3 persen masyarakat yang akan mengikuti pilihan Presiden Joko Widodo saat pilpres 2024. Ada 56,6 persen responden yang mengatakan tidak akan mengikuti capres pilihan Presiden Jokowi.

Sebagian pengamat menilai, dukungan Presiden Joko Widodo terhadap sosok calon presiden (capres) Pemilu 2024 masih abu-abu. Di satu sisi, presiden terkesan mendukung bakal capres PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo.

Diketahui selama ini, Ganjar dan Prabowo keduanya merupakan orang yang dekat dengan Jokowi. Sebagai Gubernur Jawa Tengah, Ganjar kerap mendampingi presiden dalam kunjungan di sejumlah wilayah di Jateng.

Untuk diketahui bahwa  survei Indostrategic dilakukan dalam periode 9-20 Juni 2023  Jumlah responden yang dipilih sebanyak 1.400 orang yang tersebar di 38 Provinsi Indonesia. Adapunmargin of error yang diterapkan dalam survei ini sebesar ±2,62 persen, pada tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. (unt/pt)

 

- Advertisement -
Artikel Terkait

13 KOMENTAR

  1. Semua yang disampaikan Ganjar logis, masuk akal dan faktual. Saya khawatir pemilih anak muda sekarang tidak tertarik dengan visi misi capres sebagus apapun, tapi malah mudah terpengaruh hal sepele seperti gagalnya piala dunia U20, gara gara itu lantas jadi emosional dan tidak rasional.

  2. Semoga p ganjar mampu dan bisa meneruskan program2 p jokowi bisa adil ke seluruh plosok nusantara terutama di indonesia timur, saya orang jawa tulen tapi saya pernah hidup di papua ntt dansulawesi.

  3. Mari kita rakyat indonesia yg berakal sehat harus mendukung pak ganjar, karena sosok yg paling ideal untuk memimpin bangsa indonesia dan meneruskan progam jokowi hanya pak ganjar, capres lain hanya napsu untuk berkuasa demi merebut aset2 pribadi dan kroninya,

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

- Advertisment -