Bagikan:

Jakarta – Muhammadiyah berencana membangun TokoMU atau Toko Muhammadiyah di setiap desa yang ada di Indonesia. Salah satu ormas Islam terbesar di Indonesia itu bakal memanfaatkan ranting atau cabang di setiap wilayah agar dapat mewujudkan rencana kemandirian ekonomi tersebut.

“Misi besar Saran Satoko adalah untuk menghadirkan TokoMU di setiap ranting yang ada di desa,” ujar Sekretaris Majelis Ekonomi dan Kewirausaan (MEK) Pimpinan Wilayah  Muhammadiyah (PWM) DIY, Jumarudin dalam keterangan resminya, Senin (22/2/2021).

BACA JUGA :  Dewi Tanjung Laporkan Fadli Zon ke Dewan Kehormatan terkait ‘Like’ Konten Porno

Nantinya, wujud TokoMU yang dibangun akan beragam, mulai dari toko sembako, toko kelontong, maupun toko modern

Saat ini sudah ada TokoMU yang berdiri di Bandung. Toko tersebut akan menjadi pilot project yang dikembangkan oleh Jaringan Suadagar Muhammadiyah (JSM). Toko tersebut baru didirikan pada awal tahun ini. Rencananya, TokoMU yang kedua akan didirikan di Yogyakarta. Terkait lokasi, Jamarudin menyebut kemungkinan besar berada di lingkungan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Ia pun menekankan, seluruh program terkait bisnis ritel ini merupakan implentasi dari salah satu hasil Mutamar Muhammadiyah ke-47 di Makassar pada 2015 lalu terkait kemandirian di bidang ekonomi.

“Kemandirian ini dinilai sangat diperlukan demi memperlancar perwujudan visi dan misi dari Muhammadiyah dalam mengembangkan Islam berkemajuan,” jelasnya. (Sdy/IJS)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *