Sabtu, Juli 20, 2024
BerandaBerita TerbaruKata Zulhas Elektabilitas PAN Pertama Kali Tembus Batas Parlemen Jadi Pemicu Semangat

Kata Zulhas Elektabilitas PAN Pertama Kali Tembus Batas Parlemen Jadi Pemicu Semangat

- Advertisement -

 

Politikterkini.com | Zulkifli Hasan Ketua Umum (Ketum)   (PAN) menyambut gembira survei eletabilitas PAN yang tembus batas Parlemen. Diketahui melalui survei yang dirilis  Lembaga survei Indikator Politik Indonesia elektabilitas PAN meningkat signifikan bahkan sampai tembus ambang batas parlemen.

- Advertisement -

Pria yang akrab dipanggil Zulhas itu menerangkan bahwa PAN sering underdog di survei, tapi kenyataannya selalu lolos ke Senayan. Sebelumnya PAN selalu disebut 1 atau 2 persen namun survei menyatakan tebus 4-5%.

“Tapi kenyataannya lolos dengan 7% perolehan suara dalam pemilu. Kalau sekarang di survei 4-5%, saya kira hasilnya insyaallah lebih baik nanti.” Kata Zulhas melalui sebuah keterangannya, pada Jumat (18/08/23) kemarin.

- Advertisement -

Masih menurut Zulhas,  hasil survei ini bakal dijadikan masukan bagi partainya sebagai acuan untuk membuat program kerja di Pemilu mendatang. Torehan ini, kata Zulhas, merupakan kerja keras semua kader PAN.

“Semua kader bekerja keras, dari pusat sampai daerah. Saya yakin hasilnya akan maksimal. Survei-survei ini harus menjadi pemicu semangat dan sekaligus tantangan buat kader.” beber Zulhas.

- Advertisement -

Diketahui bahwa Lembaga survei Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei elektabilitas partai-partai politik yang akan bersaing di 2024. PAN jadi salah satu partai yang mengalami peningkatan elektabilitas jelang Pemilu 2024.

Dari penjelasan Burhanuddin Muhtadi,Peneliti utama Indikator, menyampaikan, capaian PAN tersebut adalah yang tertinggi dibandingkan 3 tahun terakhir. Bahkan, kali pertama di atas parliamentary threshold.

“April 2020 sampai April 2023, PAN itu umumnya antara 1,5 sampai 2%. Tetapi beberapa bulan terakhir, Juni dan Juli, PAN mengalami peningkatan,” kata Burhanuddin dalam paparannya, Jumat (18/08/23) kemarin.

Lebih lanjut Burhanuddin menjelaskan bahwa  ada indikasi menarik dari elektabilitas PAN yang mencapai 4,3%. Dia menyebut ini pertama kalinya PAN tembus ambang batas parlemen. Pada bulan Juni, elektabilitas PAN 3,1% di survei terakhir, 4,3%.

“Menurut saya, ini ada indikasi menarik dan ini kali pertama di data kita, suara PAN di atas ambang batas parliamentary threshold,” ujar Burhanuddin.

Ambang batas parlemen adalah batas minimum bagi partai politik (parpol) untuk dapat menempatkan anggotanya duduk di DPR jika perolehan suaranya pada pemilu memenuhinya. Ambang batas parlemen untuk Pemilu 2024 ditetapkan 4%. (pt)

 

- Advertisement -
Artikel Terkait

5 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

- Advertisment -