Sabtu, April 13, 2024
BerandaKabar PemiluKarier Politik Edhie Baskoro Yudhoyono, Caleg Dengan Perolehan Suara Terbanyak Se Indonesia

Karier Politik Edhie Baskoro Yudhoyono, Caleg Dengan Perolehan Suara Terbanyak Se Indonesia

- Advertisement -

 

Politikterkini.com|  Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas), Adik Ketua UMUM Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), berhasil mengumpulkan suara sementara sebanyak 249.345. Ibas merupakan adalah salah satu dari enam Wakil Ketua Umum Demokrat periode kepemimpinan AHY

- Advertisement -

Ibas mencalonkan diri untuk Daerah Pemilihan Jawa Timur VII dan berhasil memperoleh suara terbanyak di seluruh Indonesia menurut Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) Komisi Pemilihan Umum (KPU).  Dari segi perbandingan nasional, Ibas berhasil mengungguli Puan Maharani dari PDIP, yang mewakili Dapil Jawa Tengah V, meraih 186.033 suara.

Perbandingan perolehan suara dapat dilihat,  politikus PKB Faisol Reza dari Dapil Jawa Timur II memperoleh 162.574 suara, politikus Partai Demokrat Hillarry Brigitta Lasut dari Dapil Sulawesi Utara mendapatkan 155.485 suara, dan politikus Partai Golkar Sarmuji dari Dapil Jawa Timur VI memperoleh 143.684 juga berada jauh dibawah Ibas.

- Advertisement -

BACA JUGA : AHY Dilantik Jadi Menteri ATR Hari Ini, SBY Beri Doa Dan Restu

Keberhasilan  Ibas memperoleh suara terbanyak se-Indonesia ini sangat mencolok, terutama jika dibandingkan dengan caleg lain yang berkompetisi di Dapil Jawa Timur VII. Ia berhasil melampaui jumlah suara caleg lain di daerah tersebut, termasuk di antaranya adalah artis Novita Hardini dan mantan juru bicara KPK Johan Budi dari PDI Perjuangan.

- Advertisement -

Prestasi politik Ibas  mulai meramaikan pemberitaan di berbagai media massa sejak menorehkan prestasi sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI yang meraih suara terbanyak pada 2009 lalu. Kala itu, Ibas berhasil memperoleh suara sebanyak 327.097 suara pada pemilihan anggota legislatif.

Saat ini Ibas aktif sebagai politisi Partai Demokrat. Karirnya di partai ini diawali dengan penunjukan dirinya sebagai Ketua Departemen Kaderisasi. Sebagai Ketua Steering Committee, dirinya sukses menggelar Kongres kedua Partai Demokrat yang berlangsung di Bandung. Prestasi ini kemudian membawanya pada jabatan baru yakni sebagai Sekretaris Jenderal, sehingga menjadikannya sekjen parpol termuda di Indonesia.

Sebagai anggota legislatif, karirnya dimulai dengan menjadi Anggota Komisi I DPR RI periode 2009-2014. Putra bungsu Presiden RI ke 6 itu juga pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Promosi Internasional, Pariwisata, Seni Budaya, dan Olahraga periode 2010-2015 yang sukses mengambil peran penting dalam pelaksanaan SEA Games XXVI 2011 di Palembang.

BACA JUGA : Apresiasi Kinerja KPPS, Kata Khofifah Mereka Adalah Pejuang Demokrasi

Kemudian pada 2014, Ibas terpilih kembali sebagai Anggota DPR RI dan bertugas di Komisi X DPR RI periode 2014-2015. Dirinya bertanggung jawab atas bidang Pendidikan, Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga.

Masih pada periode yang sama, Ibas juga diamanahkan sebagai Ketua Fraksi Partai Demokrat di DPR RI untuk periode 2014-2019. Tak hanya aktif dalam parlemen, Ibas juga dipercaya oleh Partai Demokrat untuk menjabat sebagai ketua Komisi Pemenangan Pemilu DPP Partai Demokrat untuk periode 2015-2020.

Sebagai wakil rakyat, Ibas menjalankan tugasnya di Komisi VI DPR RI periode 2019-2024, yang bertanggung jawab atas perdagangan, perindustrian, koperasi, UKM, BUMN, investasi, dan standarisasi. Selain itu, ia juga kembali dipercaya sebagai Ketua Fraksi Partai Demokrat di DPR RI untuk periode 2019-2024. Ibas juga diketahui menjabat sebagai Wakil Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI untuk periode yang sama. (pt)

- Advertisement -
Artikel Terkait

9 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

- Advertisment -